FAMMI MOM FEST 2020 – Supporting Mom’s Wellbeing During Pandemic

“Being a Mama isn’t easy, but it is definitely the best job anyone could ever have.”

Di masa pandemi seperti saat ini, begitu banyak perubahan yang terjadi, baik kondisi fisik maupun mental membuat seorang ibu terkadang merasa seperti kehilangan jati dirinya. Tanggung jawabnya kini terasa jauh lebih berat, karena terpaksa untuk tetap di rumah, mematuhi protokol kesehatan, mendampingi anak sekolah online, dan segudang aktifitas rutin lainnya.

Belum lagi tantangan lainnya seperti keharmonisan rumah tangga dan kompleksitas waktu juga tenaga untuk tetap mencintai diri sendiri sebagai pribadi yang utuh.

Berdekatan dengan Hari Ibu, Fammi Indonesia sebagai platform edukasi keluarga mempersembahkan sebuah hantaran spesial untuk para ibu tercinta, dengan tema; FAMMI MOM FEST 2020 – Supporting Mom’s Wellbeing During Pandemic, pada tanggal 13 Desember sampai 20 Desember 2020. Seminar online yang menggunakan Zoom Meeting ini, dihadiri oleh sekitar 1400 peserta yang terdiri dari berbagai macam komunitas, seperti komunitas Motherhope Indonesia, Smartmom Community, Hijabersmomcommunity, Speakup.id dan masih banyak lagi.

Dimeriahkan oleh banyak tokoh inspiratif seperti, Ummubalqis, Dokter Davrina Rianda, Madam Murniati Mukhlisin, Febiola Aryanti, Sri Juwita Kusumawadhani, Citra Ayu Mustika (@olevelove), Novy Yulianty, Psikolog, Analisa Widyaningrum Spoke Person Wardah, Najunda Jusuf, Ustadzah Haneen Akira, Teh Karina Hakman, Teh Kiki Barkiah, Kak Rona Mentari dan Kak Elis, Zahra Zahira, dan Muriel Imron, serangkaian webinar ini membahas berbagai topik menarik seperti, bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama #dirumahaja, relationship check up, financial planning, mengatur waktu dan energi saat di rumah, fun storytelling session untuk keluarga, dan masih banyak lagi.

Henny Irniawan sebagai CFMO Fammi Indonesia mengatakan, “Bahwa topik-topik yang disajikan dalam acara ini berdasarkan riset atas kebutuhan keluarga Indonesia khususnya Ibu-Ibu untuk belajar bersama mempersiapkan generasi dengan cara meningkatkan kualitas diri dan memenuhi peran Ibu yang multi dimensi. Termasuk juga menjaga keharmonisan Rumah Tangga, tidak hanya sebagai menteri keuangan, namun juga sebagai CEO Rumah Tangga, dan suami sebagai komisarisnya.”

Webinar yang disponsori oleh Wardah, Tokopedia, Haibunda.com, Detikhealth, dan Tim Serap Aspirasi (TSA), serta di dukung oleh berbagai komunitas seperti Bumi Inspirasi, Zerowaste ID, Mama support Mama, Quran based play, Motherhope Indonesia, read aloud yuk, SmartmomCommunity, Mommenkeu, Mommieschology, Hijabersmomcommunity, hijabers community, Speakupnow.id, Mommies, Female In Action, dan Komunitas SharingMomBaby, ini berjalan dengan lancar, seru dan menyenangkan. Animo peserta begitu besar terlihat dalam tanya jawab dan feedback yang mereka berikan dalam akun sosial media masing-masing peserta.

“Kalau kita ingin membuat suami dan anak kita Bahagia, maka jangan pernah lupa bahwa kebahagiaan itu berasal dari kita sebagai istri dan ibu, maka kita pun berhak untuk berbahagia. Temukan core values dalam diri masing-masing, yang akan jadi bahan bakar kita untuk bisa terus semangat dan produktif,” papar Analisa Widyaningrum, Psikolog, Spoke Person Wardah dalam sesi kelas yang bertema “Personal Development untuk Meningkatkan Produktivitas sebagai Muslimah”.

Mencintai dan merawat diri adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat dalam segala aspek kehidupan. Hal tersebut juga penting untuk setiap Ibu. Karena jika Ibu tidak merawat dan mencintai diri, dampaknya akan sangat buruk dalam kehidupan berkeluarga, bahkan dampaknya juga akan dirasakan anak. Pada kelas Teh Analisa Widyaningrum, Psikolog, diharapkan para ibu dengan sadar untuk mencintai diri mereka sendiri terlebih dahulu, sebelum mencintai orang lain. Karena kita bisa memberi cinta kepada orang lain, ketika jiwa kita sudah dipenuhi oleh cinta sebelumnya.

Teh Karin pun memaparkan dalam kelas Journey to Self-Love, bahwa peran Allah tentu sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, ”Kita merasa kuat, merasa terkuatkan, bukan karena usaha kita sendiri, namun karena kita menghadirkan Allah dalam setiap langkah kita, selalu merasa diawasi Allah, sehingga kita sadar bahwa Allah yang akan senantiasa mencukupkan kita dalam segala hal.”

Di dalam kelas “Managing Time and Energy: Mencari Celah sebelum Lelah”, Najunda Jusuf, Head of Mom & Baby and Home & Living Category Tokopedia, menyampaikan, “Kini masyarakat, termasuk orang tua, cenderung lebih banyak memenuhi kebutuhan sehari-hari secara online, contohnya lewat Tokopedia. Mengingat belanja online dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus membantu bisnis lokal terus bertahan di tengah pandemi.”

“Tokopedia dalam hal ini terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, salah satunya melalui dukungan untuk Fammi Indonesia, untuk mempermudah masyarakat menemukan produk yang mendukung kebutuhan ibu dan anak. Sekaligus menciptakan panggung bagi siapa pun menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi sekaligus berkontribusi dalam membantu memulihkan perekonomian di Indonesia,” tambah Najunda.

“Kena banget di hati, banyak insights dan penguatan dalam menjalani peran orang tua di masa pandemi ini”, begitu kata salah satu peserta yang mengikuti acara Fammi Mom Festival 2020 ini.

“Fammi sebagai platform edukasi keluarga (your family partner) memiliki misi untuk meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia melalui pembelajaran yang impactful dan mudah diakses oleh para Keluarga di Indonesia. Oleh karena itu acara Fammi Mom Fest ini kami harap dapat menjadi bekal dan keterampilan yang bermanfaat dalam berkeluarga dan menjalani peran sebagai orang tua, khususnya di masa pandemi seperti saat ini” ungkap Muhamad Nur Awaludin CEO Fammi dalam sambutan pembukaan acara webinar Fammi Mom Festival, Supporting Mom’s Wellbeing During Pandemic.

Akses Fammi melalui website di www.fammi.ly atau Download Aplikasinya di Android Playstore dan Appstore. Learn it on Fammi, Let’s Join Our Journey.

Pin It on Pinterest

Share This